Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Buku yang Benar Beserta Contohnya



Bagaimana cara menulis daftar pustaka dari buku? Pertanyaan ini seringkali muncul karena cukup membingungkan. Penulisan daftar pustaka seringkali masuk dalam materi mata pelajaran. Sebelum mengetahui cara untuk menulis daftar pustaka, anda harus mengetahui pengertian dari daftar pustaka itu sendiri.

Daftar pustaka merupakan tulisan yang terletak di akhir karya tulis. Daftar pustaka ini digunakan sebagai referensi atau sumber penulisan ketika menyusun karya tulis yang baru. Dalam penulisan daftar pustaka, ada beberapa hal yang perlu dicantumkan. Diantaranya adalah nama penulis, judul tulisan, identitas penerbit, tahun terbit, dan lokasi penerbit.

Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Buku

Dalam menuliskan daftar pustaka, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah prinsip ketika menulis daftar pustaka. Prinsip ini dapat digunakan sebagai acuan untuk menuliskan daftar pustaka. Berikut ini prinsip-prinsipnya.

1. Penulisan nama wajib dibalik kemudian dipisah menggunakan tanda koma. Hal yang perlu diperhatikan adalah penulisan nama depan hanya ditulis hurufnya saja.

2. Penulisan nama pengarang tidak mengandung gelar dan sejenisnya. Seperti gelar akademik, agama, dan juga gelar keturunan.

3. Apabila penulisannya lebih dari satu pengarang, maka harus dipisahkan. Tanda baca yang digunakan sebagai pemisah adalah koma.

4. Kemudian cara menuliskan daftar pustaka dari buku kategori judul dicetak miring. Sebagai catatan, apabila sumber dari artikel, maka judul tidak perlu dicetak miring.

5. Judul buku ditulis menggunakan huruf kapital untuk setiap kata. Sedangkan judul artikel menggunakan huruf kecil, kecuali untuk huruf di bagian awal judul.

Beberapa prinsip diatas harus benar-benar diperhatikan. Sebab, jika terjadi kesalahan, maka penulisan daftar pustaka tidak benar. Terkadang penggunaan tanda baca sebagai pemisah juga menjadi pengecoh. Apalagi untuk penggunaan huruf kapital yang sering dilupakan.

Simak Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Buku

Penulisan daftar pustaka untuk berbagai sumber memiliki kaidah-kaidah tersendiri. Berikut ini cara menuliskan daftar pustaka bersumber buku.

1. Nama Penulis

Ditulis terbalik sehingga dimulai dari nama belakang. Jika nama tersusun dari 3 kata, maka urutannya adalah nama terakhir kemudian nama depan dan nama belakang. Tanda koma diletakkan antara nama belakang dan nama depan. Contoh: Adhim, Muhammad Adnan.

2. Tahun Buku Terbit

Penulisan tahun terbit harus menggunakan angka dan bukan huruf. Contoh : 2020

3. Judul Buku yang Digunakan

Cara menulis daftar pustaka dari buku untuk kategori judul harus menggunakan huruf kapital kemudian dicetak miring. Contoh: Kutukan Death Violin.

4. Kota Penerbit dan Nama Penerbit

Selanjutnya adalah kota penerbit yang ditulis dengan huruf kapital. Kemudian diikuti tanda baca titik dua dan dilanjutkan dengan penerbit. Contoh : Semarang: Pustaka Media Semarang.

Contoh cara menulis daftar pustaka dari buku adalah Amru, Zaid. 2020. Kutukan Tanah Hitam. Semarang: Penerbit Setia Buku. Cara diatas bisa anda jadikan referensi ketika menuliskan daftar pustaka bersumber dari buku.

0 Comments

Posting Komentar