Cara Membuat Laporan Hasil Wawancara yang Baik dan Benar



Ketika hasil wawancara sudah selesai, bagaimana cara membuat laporan hasil wawancara yang benar? Laporan hasil wawancara memang sangat penting sehingga harus disusun dengan baik dan benar. Seperti yang diketahui bahwa wawancara dapat dilakukan dengan pihak mana saja sesuai dengan ketentuan.

Wawancara sendiri terbagi menjadi beberapa jenis. Diantaranya adalah wawancara formal, individual, konferensi, dan yang lainnya. Sebelum melakukan wawancara, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan, salah satunya adalah materi yang akan digunakan untuk wawancara.

Cara Membuat Laporan Hasil Wawancara

Sebelum membuat laporan hasil wawancara, tentunya diperlukan proses wawancara terlebih dahulu. Berikut ini hal-hal yang perlu dilakukan ketika ingin melakukan proses wawancara.

1. Menentukan tema atau topik pembicaraan

2. Menentukan pokok bahasan yang nantinya akan ditanyakan kepada narasumber

3. Menyusun sebuah daftar pertanyaan yang baik dan sistematis

4. Selanjutnya adalah menyiapkan alat perekam, alat tulis, dan perangkat lain yang digunakan untuk mendukung proses wawancara

5. Melakukan proses wawancara dengan baik dan benar sesuai dengan topik bahasan. Sikap yang harus dimiliki tentunya sopan dan santun

6. Mendiskusikan hasil wawancara yang telah dilakukan.

Beberapa langkah diatas sangat diperlukan dalam proses wawancara. Dengan begitu, hasil wawancara akan lebih baik. Begitupun dengan penyusunan laporan hasil wawancaranya.

Sistematika Cara Membuat Laporan Hasil Wawancara

Dalam membuat laporan, tentunya ada beberapa sub atau judul yang harus dicantumkan. Begitupun ketika membuat laporan hasil wawancara dengan narasumber. Berikut ini cara-cara yang bisa dilakukan untuk membuat laporan hasil wawancara.

1. Latar Belakang Dilakukan Wawancara

Salah satu bagian yang penting untuk dicantumkan adalah latar belakang dari pembuatan wawancara tersebut. Mulai dari deskripsi suasana dan keadaan ketika wawancara. Kemudian alasan mengambil topik pembicaraan tersebut.

2. Tujuan Wawancara

Cara membuat laporan hasil wawancara yang selanjutnya juga harus menampilkan tujuan wawancara. Dimana di dalamnya tercantum tujuan yang hendak dicapai dalam sebuah wawancara.

3. Topik Pembicaraan Dalam Wawancara

Bagian ini mencantumkan topik pembicaraan atau tema yang akan dibahas dalam wawancara. Sehingga topik pembicaraan harus disusun dengan benar.

4. Waktu dan Tempat Dalam Melakukan Wawancara

Selanjutnya adalah mencantumkan waktu dan tempat wawancara. Dalam laporan hasil wawancara, bagian ini sangat penting. Sebab, waktu dan tempat sangat membuktikan keobjektifan wawancara.

5. Hasil Wawancara

Dalam laporan hasil wawancara, bagian pentingnya adalah hasil wawancara yang mencakup narasumber, siapa yang mewawancarai, hingga transkrip hasil wawancara yang dilakukan.

6. Kesimpulan

Selanjutnya adalah bagian kesimpulan yang berisi tentang seluruh ulasan hasil wawancara tersebut.

7. Saran

Bagian selanjutnya adalah saran yang berisi tentang saran mengenai hasil wawancara tersebut. Dimana saran tersebut ditujukan kepada narasumber dan pewawancara.

Cara membuat laporan hasil wawancara bisa anda lihat pada ulasan diatas. Hal yang terpenting adalah susunan bagian dalam laporan.

0 Comments

Posting Komentar