Apa Saja Keuntungan Mencangkok Dalam Bidang Pertanian?



Dalam bidang pertanian, cangkok merupakan metode yang sering digunakan untuk memperbanyak tanaman secara buatan serta vegetatif. Cangkok merupakan metode umum pada teknik hortikultura. Dimana metode ini untuk propagasi yang dirasa lebih efisien dalam menghasilkan keturunan tanaman yang identik jika dilihat dari genetiknya dengan tanaman aslinya. Jadi, apa saja keuntungan mencangkok dalam bidang pertanian?

Saat ini banyak sekali tanaman buah dan hias yang dikembangkan dengan menggunakan metode cangkok. Dengan banyaknya keuntungan menggunakan metode ini, menjadikan cangkok sebagai metode yang sering dipakai untuk budidaya tanaman. Biasanya tanaman yang bisa dicangkok adalah tanaman yang masuk dalam jajaran tanaman dikotil ke gymnospermae. Dimana mempunyai kandungan kambium vaskuler yang disebut dengan xilem serta floem.

Apa Saja Keuntungan Mencangkok Dalam Bidang Pertanian?

Bagi anda yang ingin melakukan cangkok dengan tanaman monokotil, maka sulit dilakukan karena tidak memiliki kambium vaskuler. Jika anda tetap mencobanya, kemungkinan untuk berhasil sangat tipis sekali.

Pasalnya, tanaman yang akan melalui proses cangkok merupakan tanaman yang digabungkan menjadi tanaman baru. Untuk mengetahui apa saja keuntungan mencangkok dalam bidang pertanian, simak artikel ini sampai akhir.

Perbanyak Tanaman

Salah satu keuntungan dari metode cangkok yaitu bisa memperbanyak tanaman. Beberapa jenis tanaman menggunakan metode ini untuk memperbanyak sehingga lebih beragam dengan aneka karakteristik yang diinginkan. Metode ini akan digunakan untuk tanaman yang tidak bisa menggunakan metode aseksual lain. Bahkan untuk memproduksi tanaman dengan jumlah yang besar, menggunakan metode ini sangat disarankan. Lantaran metode ini tidak menggunakan waktu yang lama untuk berhasil memperbanyak tanaman.

Produksi Tanaman Komposit Gunakan Batang Bawah

Pada penggunaan batang atas yang diinginkan untuk dicangkokan dengan batang bawah, bisa berhasil dengan memperhatikan tanahnya, baik itu berat, basah, kering, dan juga tahan hama. Bahkan digunakannya batang bisa menyebabkan peningkatan kekuatan atau justru membuat tanaman menjadi lebih pendek, Pada dasarnya, menggunakan batang bawah akan membuat cangkok relatif lebih sukses. Dimana akan terjamin kesuksesan pencangkokan untuk tanaman serupa. Namun untuk intergenetik, banyak menggunakan batang bawah agar lebih bisa beradaptasi dan tahan akan penyakit.

Konversi Pohon Dewasa

Apa saja keuntungan mencangkok dalam bidang pertanian? Keuntungan lainnya yaitu bisa menghasilkan pohon yang besar sehingga dapat dikonversi menjadi varietas lain yang memiliki karakteristik yang anda inginkan. Hal ini bisa dilakukan pencangkokan dengan menggunakan batang atas dan batang atas. Metode yang satu ini telah dipakai pada pohon mangga Carabao yang berbuah, namun dengan kualitas yang lebih rendah. Selain itu, biasanya menggunakan metode antar varietal ini untuk meremajakan kopi lama yang sudah tidak produktif lagi.

Peningkatan Artistik

Bisa diterapkan pada bonsai yang tidak memiliki cabang esensial untuk bagian tertentu dari batang dan cabangnya. Bisa dimiliki dengan mencangkoknya menggunakan batang atas. Trik ini biasanya dipergunakan untuk membuat pohon bonsai lebih halus dengan diperlukan adanya pemahaman yang substansial mengenai teknik cangkok.

Memperbaiki Pohon yang Rusak

Apa saja keuntungan mencangkok dalam bidang pertanian selanjutnya? Keuntungan yang penting untuk anda ketahui lainnya yaitu cangkok bisa memperbaiki pohon yang rusak. Pohon dengan batang yang rusak sering dijumpai karena adanya kambing. Bahkan kerusakan batang pohon bisa disebabkan adanya kebakaran, serangan penyakit, serangga, dampak mekanis, dan kesalahan dalam menggunakan alat. Nantinya batang yang rusak bisa diperbaiki dengan cara inaching atau disebut juga bride grafting.

Hasil Panen Dari Pencangkokan

Dengan menggunakan metode cangkok pada pertanian, biasanya akan membuat pohon hasil cangkokan lebih cepat berbuah. Sehingga bisa membuat petani mempersingkat masa panennya. Selain itu, buah yang dihasilkan akan lebih besar ukurannya dan matang dengan waktu yang lebih singkat. Bisa menghemat tindakan pemupukan yang biasanya dilakukan berkali-kali. Sebab, dengan metode ini, cukup berapa kali saja.

Apa saja keuntungan mencangkok dalam bidang pertanian yang lainnya? Buah yang dihasilkan bisa jauh lebih besar dari yang tidak melalui proses cangkok. Tentu hal ini bisa memberikan keuntungan yang baik untuk sektor perekonomian. Meski pohon yang dihasilkan tidak tinggi dibandingkan dengan pohon aslinya, namun bisa mempermudah untuk masa panen yang tidak memerlukan alat dalam menjangkau ketinggian.

Penggunaan metode ini dalam pertanian akan memiliki potensi yang besar dengan tingkat keberhasilan yang baik. Meski cara melakukannya sedikit rumit, namun hasilnya akan membuat anda puas. Selain itu, dipergunakannya metode ini untuk memperbanyak tanaman akan menghasilkan kualitas yang sama dengan induknya, baik dari hasil buahnya maupun bentuk tanaman ini.

Apa saja keuntungan mencangkok dalam bidang pertanian? Semua keuntungan yang bisa anda dapatkan dengan menggunakan metode cangkok sudah dijelaskan diatas. Pilihan metode ini bisa disesuaikan dengan bentuk tanah dan jenis tanaman yang akan dicangkok.

0 Comments

Posting Komentar