Perbedaan Harddisk dan SSD, Simak Selengkapnya


Pada perangkat komputer terdapat komponen yang termasuk perangkat keras. Ada beberapa jenis perangkat keras yang digunakan oleh komputer. Salah satunya adalah harddisk dan juga SSD. Keduanya sama-sama perangkat keras yang berkaitan dengan media penyimpanan. Namun kedua perangkat tersebut berbeda, apa perbedaan harddisk dan SSD?

Jika dilihat dari pengertiannya, SSD merupakan kepanjangan dari Solid State Drive. Artinya adalah perangkat ini digunakan sebagai salah satu media penyimpanan komputer. Sama halnya dengan HDD yang juga merupakan media penyimpanan untuk komputer. Hampir terdengar sama namun ada perbedaan diantara keduanya.

Apa Perbedaan Harddisk dan SSD

Pengertian lebih jelas dari harddisk adalah sebuah media penyimpanan pada komputer yang kini banyak digunakan. Kebanyakan komputer yang menggunakan harddisk memiliki spek rendah. Data yang disimpan di dalam harddisk dapat diakses secara acak. Untuk lebih jelasnya, berikut ini perbedaan harddisk dan SSD.

Kepemilikan Komponen Internal

SSD sama sekali tidak memiliki komponen internal yang dapat bergerak. Sehingga pemrosesan data yang dilakukan oleh SSD jauh lebih cepat dibandingkan dengan harddisk. Berbeda dengan harddisk yang memerlukan defragmentasi. Sedangkan SSD sendiri tidak memerlukan defragmentasi sama sekali.

Cara Kerja

Perbedaan harddisk dan SSD yang selanjutnya adalah cara kerjanya. Dimana SSD tidak menimbulkan suara ketika berproses. Berbeda halnya dengan harddisk yang bisa menimbulkan suara. Hal ini dikarenakan komponen dari harddisk ada yang bergerak.

Daya Tahan

SSD memiliki sifat yang tidak rentan pada kerusakan fisik. Hal ini dikarenakan tidak ada komponen yang ada di dalam SSD. Sedangkan harddisk bisa dibilang rentan karena mudah terkena kejutan fisik.

Perbedaan harddisk dan SSD juga dapat dilihat dari harganya. SSD memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan harddisk. Kemudian harddisk juga mengonsumsi banyak listrik daripada SSD.

0 Comments

Posting Komentar