Apa Itu VGA dan Fungsinya Pada Perangkat Komputer?


Apa itu VGA? VGA sendiri merupakan kepanjangan dari Video Graphics Array. Jika berbicara mengenai VGA, tentunya akan tertuju pada komponen hardware yang dimiliki komputer. VGA sendiri digunakan untuk menunjang kualitas dan performa grafis dari komputer.

Kini banyak produsen yang telah meluncurkan VGA dengan inovasi terbaru. Bisa dikatakan bahwa VGA yang digunakan pada komputer lebih canggih.

Apa Itu VGA Komputer dan Fungsinya

Komponen hardware yang satu ini memiliki fungsi yang sangat penting pada komputer. Kini VGA sudah dibenamkan di dalam motherboard dalam komputer. Selain menampilkan gambar pada display, ada beberapa beberapa fungsi lain dari VGA.

Diantaranya adalah menerjemahkan output komputer ke monitor. Kemudian menyimpan data dari hardisk, lalu menyuplai data untuk prosesor yang akan diproses. Tidak hanya itu saja, VGA juga memproses semua grafis yang nantinya ditampilkan pada monitor.

Jenis-Jenis VGA Pada Komputer

Setelah mengetahui apa itu VGA, anda juga perlu mengetahui jenis-jenis VGA. Ada beberapa jenis VGA yang digunakan di komputer. Diantaranya adalah Dynamic RAM atau DRAM, EDO RAM, VRAM, SGRAM, hingga rambus.

Beberapa jenis tersebut memiliki spesifikasi yang berbeda-beda. Sehingga VGA yang digunakan pada komputer tidak sembarangan.

Jika tidak menggunakan VGA, maka tidak akan ada tampilan pada layar. Sehingga komputer tidak dapat digunakan. Pengertian apa itu VGA memang perlu diketahui. Sehingga anda lebih paham mengenai hardware dari komputer. Fungsi dari VGA itu sendiri bisa anda simak pada penjelasan diatas.

Where do you want to donate?

BTC - bc1qkhj3hprfysusd7ccksgdtcqzh5tx44qv9ufqjf

BNB - bnb18yc8sfptg0q4vj95f59ync7wg7ghlt6aja2k53

DOGE - D6bpECqSnh2Fv2CcZgCDR6W1Hsy4Y4fsQ2
Found this article helpful? Let's support with donations. Click the red button.

Post a Comment

© Penaseo. All rights reserved. Developed by Saifullah.id