Cara Memasang Motherboard Pada Casing Komputer Dengan Tepat


Motherboard merupakan salah satu perangkat komputer yang berfungsi dalam menghubungkan komponen-komponen komputer agar dapat saling berkomunikasi satu sama lain.

Dalam memasang motherboard pada computer, cukup memakan waktu dan sedikit merepotkan. Terutama jika anda juga mengganti motherboard yang telah terpasang pada perangkat komputer anda. Di bawah ini akan kita bahas mengenai cara memasang motherboard pada casing komputer secara tepat.

Cara Memasang Motherboard pada Casing Komputer

Cara memasang motherboard pada casing komputer dimulai dengan mematikan perangkat komputer serta melepas steker komputer dari colokan listrik.

Selanjutnya, anda perlu membuka panel samping dari case komputer. Hal ini bertujuan agar anda dapat mengakses pada bagian internalnya.

Perhatikan bagian kabel yang tersambung ke motherboard anda. Bila perlu, anda foto untuk memastikan semua kabel terpasang dengan benar pada motherboard baru anda.

Selanjutnya, lepaskan motherboard dari komputer beserta komponen lain yang perlu dilepas seperti RAM dan kartu grafis. Pastikan tidak ada kabel yang tersambung dengan motherboard.

Kemudian setelah motherboard benar-benar terlepas, maka anda dapat dengan mudah untuk melepas prosesor. Dalam mengeluarkan komponen ini, anda perlu berhati-hati untuk menghindari kerusakan.

Langkah berikutnya, motherboard yang baru dapat anda pasang ke komputer. Jangan lupa memasang panel I/O pada bagian case terlebih dahulu. Selanjutnya, pasang komponen lain seperti prosesor dan RAM sebelum memasukkan motherboard ke dalam case.

Langkah berikutnya anda dapat memasang motherboard ke dalam case dengan posisi yang tepat yang diikuti pemasangan sekrup yang tidak terlalu kencang. Pastikan semua kabel terpasang dengan baik. Jangan lupa pula untuk memasang kembali stekler komputer ke colokan listrik untuk menyalakan komputer.

0 Comments

Posting Komentar