Apa Itu Processor? Berikut Penjelasan dan Beragam Jenisnya


Sebagai orang yang sering bergelut dengan dunia komputer, tentu sudah mengerti apa itu processor. Namun, untuk orang awan, mungkin tidak pernah mendengar yang namanya processor.

Jika anda adalah salah satu orang yang belum mengerti apa yang dinamakan dengan processor, maka dapat mengikuti penjelasan di bawah ini.

Apa Itu Processor?

Processor merupakan sebuah komponen yang sangat penting yang ada di sebuah komputer. Fungsi dari processor adalah memproses data dan juga mengontrol sistem yang ada di dalam komputer tersebut.

Sehingga, komponen ini juga disebut dengan otak komputer. Dengan demikian, dapat dikatakan jika processor melakukan pekerjaan menghitung dan menjalankan apa yang diperintahkan oleh pengguna komputer.

Anda harus tahu apa itu processor dalam melaksanakan tugasnya. Processor harus dibantu oleh komponen yang lain yang ada di dalam komputer itu sendiri. Komponen yang bersangkutan adalah seperti memory, mainboard, dan masih banyak lagi.

Letak dari processor sendiri berada di motherboard yang juga diletakkan pada socket yang tersedia. Hal yang membuat menarik, processor ini dapat diganti dengan jenis yang lain. Akan tetapi, komponen ini harus pas dengan socket di motherboard.

Misalkan tidak pas, maka processor tak bisa terhubung dengan komputer. Sementara itu, kecepatan dari processor juga berpengaruh atas kinerjanya. Semakin cepat lajunya, maka semakin bagus pula kinerjanya.

Jenis-Jenis Processor

Komponen penting ini tak hanya ada satu macam saja, namun juga terdapat banyak sekali jenisnya. Diantaranya yaitu :

Processor Intel

Apa itu processor Intel? Jenis dari processor yang satu ini tentu tak asing lagi dalam dunia komputer. Komponen yang paling banyak dipakai oleh komputer atau laptop sebagian banyak orang. Hal ini dikarenakan jika Intel adalah salah satu perusahaan processor raksasa dalam dunia komputer.

Processor AMD

Sebagai salah satu kompetitor dari Intel, AMD adalah sebuah perusahaan semikonduktor yang multinasional yang ada di Amerika Serikat. AMD juga merupakan perusahaan processor terbesar kedua setelah Intel.

Processor Apple

Brand yang sudah tak asing di telinga ini merupakan brand dari perusahaan yang berjalan pada bidang teknologi multinasional.

Perusahaan yang ada di California ini fokus pada bidang perancangan, penjualan, dan juga pengembangan dari produk elektronik. Misalkan saja produk komputer dan piranti lunaknya.

Sebenarnya masih banyak lagi jenis processor yang ada di pasaran, namun dengan penjelasan singkat di atas, maka anda akan mengetahui sekilas tentang apa itu processor.

0 Comments

Posting Komentar