4 Teknologi Canggih Pembantu Manusia



Teknologi yang paling sering membantu manusia sering kita sebut sebagai robot, robot adalah seperangkat alat mekanik yang bisa melakukan tugas fisik, baik dengan pengawasan dan control manusia ataupun menggunakan program yang telah didefinisikan terlebih dahulu. Istilah robot berasal dari bahasa Ceko “robota” yang berarti pekerja atau kuli yang tidak mengenal lelah atau bosan.

Robot biasanya digunakan untuk tugas yang berat, berbahaya, pekerjaan yang berulang, dan kotor. Biasanya kebanyakan robot digunakan dalam bidang produksi, Belakangan ini robot mulai memasuki pasaran konsumen dibidang hiburan, dan alat pembantu rumah tangga. Saat ini hampir tidak ada orang yang tidak mengenal robot namun pengertian robot tidaklah dipahami secara sama oleh setiap orang. Berikut contoh robot dalam bidang rumah tangga dll.

1. Robot Alpha II

Alpha II merupakan jenis robot pembantu pekerjaan rumah tangga buatan perusahan China. UBETech Robotics. Hanya dengan ucapan perintah, alpha II dapat melakukan berbagi pekerjaan dari pekerjan rumah tangga, melaporkan laporan cuaca, hingga menari dan membacakan cerita sebelum tidur untuk anak-anak. Dengan teknologi kecerdasan yang semakin banyak alpha II akan dikembangkan dengan fungsi yang lebih banyak.

Alpha II bisa merefleksikan 20 gerakan manusia berkat desainnya yang fleksibel,memungkinkan alpha II untuk menjadi instruktur yoga keluarga dan alpha II juga bisa menggantikan fungsi handphone kalian, salah satunya adalah bisa digunakan sebagai pengganti alarm dan pengingat kegiatan harian kamu.

2. Tangan Mesin (Bestic)

Bestic adalah robot yang bertugas sebagai pengganti lengan manusia dalam mengerjakan berbagai hal. Bisa dikatakan bestic adalah alat bantu makan untuk orang orang yang memiliki ganguan fungsi di lengan/tangan. Bestic sangat murah digunakan dan memungkinkan pengguna untuk menentukan kecepatan makan mereka.

Bestic dikembangkan oleh perusahaan asal swedia, camanio care. Kini pemerintah china tengah meliric bestic yang digunakan untuk membantu di 10 panti jompo china dan membantu operasi bedah metode da vinci. Harga jual dari bestic di eropa mencapai 4.000 euro. Bestic akan dikembangkan lebih dalam cara makan khusunya untuk orang yang suka makan sup atau mie yang menggunakan sumpit.

3. Robot for Interactive Body Assistance (RIBA)

Robot canggih ini dikembangkan dan diciptakan oleh RIKEN yang bekerja sama dengan dengan program untuk mengangkat atau menggendong pasien rumah sakit. Robot riba juga bisa mengenali suara suster atau pegawai rumah sakit, karena robot riba bisa mendeteksi wajah atau un suara perawat rumah sakit. Namun, robot ini tidak mampu menggangkat pasien yang berbobot lebih dari 61 kilogram.

4. Robot Buddy

Robot buddy adalah robot emosional assisten rumah tangga yang menggemaskan dan menawan yang memengkan hati seluruh keluarga, termasuk anak-anak dan orang dewasa. Selain lucu robot buddy juga bisa menjadi assisten pribadi dirumah. Dia bisa membantu mengawasi keadaan rumah saat ditinggal pemiliknya.

Buddy memiliki serangkaian emosi yang akan dia ekspresikan secara alami sepanjang hari berdasarkan interaksi dengan anggota keluarga. Dia akan senang hati memberi anda sambutan hangat ketika anda pulang, ia kadang kadang akan pemarah jika anda tidak memperhatikannya, atau kadang-kadang tanpa alas an tertentu, hanya karena pagi itu, ia sedang tidak dalam mood baik.

Tak Cuma itu, buddy juga bisa membangunkan pemiliknya saat pagi hari, bahkan dapat mengingatkan tentang hal penting seperti acara keluarga dll. Robot boddy seukuran dengan kucing. Dia adalah robot pendamping dan pembantu rumah. Robot buddy dikebangkan oleh perusahaan bernama blue frog robotics, yang berbasis diparis.

0 Comments

Posting Komentar