Beberapa Makanan Untuk Kesehatan Reproduksi Wanita


Kesehatan pada rahim memang dapat menentukan kesehatan anda dalam waktu yang akan datang. Oleh karena itu, kesehatannya harus dijaga dengan baik. Adapun salah satunya mengkonsumsi makanan untuk kesehatan reproduksi wanita.

Makanan Untuk Kesehatan Reproduksi Wanita

Rahim adalah salah satu organ yang vital bagi seorang wanita. Organ ini terdapat pada sistem reproduksi. Dimana terletak pada bagian tengah di rongga panggul. Letaknya berada tepat di bagian belakang kandung kemih serta di depan rektum. Fungsi utama dari rahim adalah tempat dimana janin akan disimpan dan tumbuh berkembang semasa kehamilan.

Tak hanya berfungsi dalam proses kehamilan saja, rahim juga melakukan fungsi yang terus-menerus bekerja dalam siklus menstruasi pada wanita. Apabila sedang tidak mengalami pembuahan, maka endometrium akan meluruh dan menimbulkan darah yang keluar selama masa menstruasi.

Oleh karena itu, jika fungsi dari rahim ini bermasalah, maka menjadi gangguan pada sistem reproduksi wanita. Sehingga juga akan mempengaruhi terhadap kesuburan wanita. Dalam menjaga kesehatan rahim, maka anda harus mengkonsumsi makanan-makanan yang sehat.

Beberapa Makanan yang Harus Dikonsumsi

Beberapa jenis makanan untuk kesehatan reproduksi wanita antara lain:

Vitamin D

Vitamin ini mempunyai peran penting dalam mencegah terjadinya mioma uteri. Dalam menambah asupan vitamin ini, anda bisa mengkonsumsi keju, susu, yoghurt, kuning telur, dan salmon. Walaupun vitamin D ini dibentuk melalui paparan sinar matahari di dalam tubuh, namun mengkonsumsi makanan yang bergizi dapat memberi asupan yang cukup.

Makanan Berserat Tinggi

Bisa membantu dalam proses eliminasi racun yang ada di dalam tubuh adalah salah satu fungsi dari makanan untuk kesehatan reproduksi wanita yang memiliki serat yang tinggi. Disamping itu, juga dapat membantu mengeluarkan hormon estrogen yang berlebih.

Hormon estrogen yang berlebihan dapat menimbulkan penyakit tumor jinak di rahim. Beberapa sayuran yang memiliki serat yang tinggi, misalnya kacang-kacangan, buah-buahan, sayur mayur, oat, dan juga gandum.

Asam Lemak (Omega 3)

Omega 3 dikenal mempunyai banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Salah satunya yaitu kesehatan indung telur dan juga kesehatan rahim. Fungsi dari omega 3 ini adalah melindungi sel dari zat berbahaya yang dapat merusak rahim.

Disamping itu, omega 3 bisa menurunkan produksi prostagladin, yaitu zat yang menyebabkan kontraksi berat saat kehamilan. Makanan yang mengandung omega 3 adalah salmon, tuna, sarden, telur, susu, dan masih banyak lagi.

Makanan yang Mengandung Antioksidan

Antioksidan berfungsi sebagai pelindung jaringan di dalam tubuh. Zat yang termasuk antioksidan adalah vitamin C, E, serta beta karoten. Makanan untuk kesehatan reproduksi wanita yang mengandung antioksidan adalah strawberry, ubi, wortel, blueberry, teh hijau, serta masih banyak makanan lainnya.

0 Comments

Posting Komentar