Kenali Gejala Pendarahan Lambung dan Penanganannya


Salah satu organ dalam yang perlu dijaga kesehatannya adalah lambung. Seperti yang diketahui bahwa lambung merupakan organ pencernaan yang cukup rawan terserang penyakit. Selain maag, lambung juga bisa mengalami pendarahan. Gejala pendarahan lambung juga tidak banyak diketahui oleh orang-orang.

Pendarahan pada lambung bisa disebabkan oleh beberapa hal. Salah satunya adalah infeksi akibat mengkonsumsi makanan sembarangan. Hal paling parah yang bisa disebabkan oleh pendarahan lambung adalah kematian.

Gejala Pendarahan Lambung yang Perlu Diketahui

Banyaknya makanan yang dicerna pada lambung, belum tentu sehat dan baik untuk lambung. Seringkali pola makan yang baik diabaikan. Sedangkan makanan sembarangan tetap dikonsumsi. Hal inilah yang menjadi awal pendarahan lambung.

Gejala pendarahan lambung bermacam-macam. Dapat dikatakan bahwa gejalanya bisa meningkat karena pendarahan pada lambung juga semakin parah. Nyeri pada perut bagian atas merupakan awal dari gejalanya.

Namun gejala ini hampir sama dengan beberapa penyakit yang lain. Seperti halnya nyeri pada saat haid. Namun nyeri pada perut akan bertambah sakit, bahkan bisa mengalami muntah darah. Darah merah yang keluar dari mulut termasuk gejala awal dari pendarahan pada lambung.

Gejala yang selanjutnya adalah mual dan muntah yang berkepanjangan, hilangnya nafsu makan, bahkan tidak bisa berdiri karena perut yang terasa sangat sakit. Gejala yang tidak boleh terlewatkan adalah rasa kenyang yang cukup berlebihan pada perut.

Tidak hanya itu saja, tubuh juga akan mengalami demam yang disertai dengan jantung berdebar. Perut terasa seperti mual dan terbakar. Keringat yang dikeluarkan juga tidak sedikit. Gejala tersebut perlu diwaspadai.

Gejala Pendarahan Lambung dan Penanganannya

Pendarahan pada lambung akan menimbulkan rasa nyeri yang begitu sakit. Rasa sakit ini juga bisa berujung kematian jika tidak kunjung diobati. Setelah mengalami gejala yang mirip dengan pendarahan pada lambung, maka diperlukan tindakan medis dari dokter.

Agar tidak semakin parah, maka lambung perlu diperiksa secara rutin. Kemudian mengkonsumsi obat yang sudah dituliskan oleh dokter. Bila diperlukan, maka penanganan yang biasa dilakukan adalah operasi. Gejala pendarahan lambung tidak akan berhenti dan semakin parah jika tidak segera ditangani.

Sekian semoga bermanfaat. Selalu waspada dan bertindak cepat ketika Anda mengalami gejala suatu penyakit seperti pendarahan pada lambung agar dapat ditangani dengan baik.

0 Comments

Posting Komentar