Cara Memasang Harddisk Komputer dengan Mudah dan Cepat


Cara memasang hardisk komputer cukup mudah, apalagi bagi anda yang biasa menggunakan komputer untuk bekerja. Hardisk berguna untuk menambah kapasitas penyimpanan data atau file.

Pemasangan hardisk internal merupakan solusi lebih baik dibanding hardisk eksternal. Namun, masih ada juga beberapa pengguna komputer yang belum tahu bagaimana cara memasang hardisk yang benar.

Cara Memasang Hardisk Komputer

Sebelum memasang hardisk pada komputer, anda sebaiknya pilih tipe yang anda ingin gunakan. Biasanya komputer saat ini menggunakan hardisk jenis SATA. Ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan.


  • Langkah Pertama

Langkah awal saat pemasangan hardisk yaitu atur jumper hardisk. Jumper berada di bagian belakang hardisk dan terdiri dari 3-5 pasang pin. Jika hardisk yang dipasang berjumlah satu setel, jumper pada posisi MASTER. Jika jumlahnya dua, posisi SLAVE.


  • Langkah Kedua

Langkah selanjutnya yaitu pasang kabel data SATA pada port data di bagian belakang hardisk. Pasangkan kabel yang satu dengan port data di hardisk. Pasang satu ujung kabel data pada port SATA 1 atau primary SATA pada mobo. Cara pasangnya mirip seperti memasang ke hardisk.


  • Langkah Ketiga

Pasang kabel power dari power supplay ke hardisk. Jika power supplay yang anda miliki tipe lawas, bisa gunakan kabel power konverter. Pasang keduanya dengan tepat. Selanjutnya pasang hardisk pada drive bay. Jika sudah pas, baru pasang bautnya.

Itulah cara memasang hardisk komputer dengan baik dan cepat. Anda bisa lakukan pemasangan tanpa minta bantuan ahli komputer.

0 Comments

Posting Komentar