Kenali Gejala dan Cara Pencegahan Penyakit Diabetes Inspidus


Penyakit diabetes inspidus merupakan penyakit yang berkaitan dengan keseimbangan cairan di dalam tubuh. Dari segi medis, diabetes inspidus diartikan sebagai penyakit yang diakibatkan oleh kurangnya hormon antideuretik. Hormon ini memiliki fungsi sebagai pengatur kadar urin di dalam tubuh.

Apabila terjadi gangguan terhadap hormon antideureutik, maka kadar urin juga terganggu. Akibatnya adalah produksi urin yang berlebih. Alhasil, si penderita akan mengalami haus yang berlebihan karena cairan di dalam tubuh berkurang banyak.

Apa Gejala Dari Penyakit Diabetes Inspidus?

Pada umumnya para penderita diabetes inspidus akan mengalami beberapa gejala. Diantaranya seperti urine yang dikeluarkan lebih banyak daripada biasanya.

Bahkan penderita bisa melakukan buang air kecil berulang kali. Penyakit diabetes inspidus ini juga menyebabkan rasa haus yang dalam.

Gejala yang lebih parah juga bisa dialami oleh anak-anak. Seperti diare, muntah-muntah, demam, hingga berat badan turun. Pertumbuhan sang anak juga bisa terhambat.

Cara Mencegah Penyakit Diabetes Inspidus

Olahraga rutin termasuk cara yang bisa digunakan untuk mencegah diabetes inspidus. Tidak hanya berolahraga saja, tetapi juga minum air putih yang cukup.

Dengan begitu, hormon dan produksi urin akan tetap stabil. Apabila penyakit diabetes inspidus semakin parah, maka harus segera dibawa ke dokter dan melakukan pengobatan.

0 Comments

Posting Komentar