Tips dan Cara Mencegah Penyakit Katarak yang Harus Diketahui


Cara mencegah penyakit katarak harus diketahui agar dapat menghindari penyebab atau juga dapat mengobati jika terjadi.

Katarak sendiri merupakan penyakit mata yang terjadi dengan gejala pada mata seperti kesulitan melihat, menyeberang jalan, membaca, bahkan berkendara. Gejala lain biasanya mata yang harusnya bening berubah jadi keruh.

Cara Mencegah Penyakit Katarak

Katarak juga dipengaruhi karena usia yang bertambah atau juga terjadi cidera yang mengakibatkan perubahan jaringan pada lensa mata. Selain itu, katarak juga dapat dipengaruhi oleh kelainan gen, penyakit diabetes, paparan matahari yang terlalu lama, dan menggunakan kortikosteroid dalam jangka yang lama.

Untuk mencegah terjadinya penyakit katarak, dapat dilakukan dengan beberapa langkah sebagai berikut.

Langkah Pencegahan Katarak

Berikut ini adalah cara mencegah penyakit katarak yang dapat anda lakukan. Apalagi bagi anda yang mempunyai riwayat keluarga yang menderita penyakit ini. Antara lain:

Periksa Mata Secara Rutin

Pendeteksian secara dini adalah hal yang wajib anda lakukan. Dengan rutin memeriksakan kesehatan mata, maka ada kemungkinan terjadi katarak akan lebih kecil.

Menggunakan Pelindung Mata

Paparan sinar ultra violet bisa menambah resiko anda menderita katarak. Hindari paparan sinar matahari secara langsung. Memakai kaca mata hitam atau juga dengan memakai topi saat di luar ruangan adalah solusi paling tepat.

Menjaga Kesehatan Tubuh

Apabila anda rajin menjaga dan memantau kesehatan tubuh, maka hal ini akan meminimalisir anda terkena katarak. Karena, ada beberapa penyakit yang dapat menjadi penyebab terjadinya katarak, misalkan penyakit diabetes.

Dengan langkah dan cara mencegah penyakit katarak di atas, semoga dapat menghindarkan anda dari menderita penyakit mata tersebut.

0 Comments

Posting Komentar