Satuan Makhluk Hidup dalam Ekosistem



Ekosistem adalah hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungan tempat hidupnya. Ekosistem disusun oleh makhluk hidup dan benda mati.

Untuk mempermudah dalam mempelajari makhluk hidup, yang berhubungan dengan hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya, dikenal beberapa macam istilah dalam ekosistem, sebagai berikut.

1. Individu

Yaitu makhluk hidup tunggal.
Contoh : seekor semut, seekor belalang, seekor kerbau, satu pohon rambutan, seorang anak perempuan, dan lain-lain.

2. Populasi

Yaitu sekumpulan individu sejenis yang berada atau hidup pada daerah tertentu. Habitat merupakan daerah atau tempat hidup suatu makhluk hidup (organisme).

Contoh populasi : beberapa ekor burung gereja diatap rumah, serumpun pohon pisang di kebun, sepasang iklan nila di kolam, dan lain-lain.

3. Komunitas

Yaitu kumpulan populasi-populasi dari berbagai makhluk hidup yang hidup bersama-sama disuatu tempat hidup tertentu.

Contoh : Komunitas kolam anggotanya terdiri atas populasi ikan mas, populasi katak, populasi ikan nila, populasi teratai, populasi eceng gondok.

Komunitas sawah anggotanya terdiri atas populasi katak, populasi padi, populasi rumput, populasi ular.

Kumpulan beberapa komunitas pada suatu daerah tertentu dengan benda tak hidup di lingkungannya akan berinteraksi membentuk ekosistem.

Semua ekosistem dipermukaan bumi berinteraksi, membentuk ekosfer.

Lapisan permukaan bumi dan atmosfer yang dihuni oleh seluruh makhluk hidup, membentuk biosfer.

Ekologi yaitu cabang dari ilmu biologi lingkungan yang mempelajari tentang hubungan timbal balik antara organisme (makhluk hidup) dengan dunia sekitarnya atau lingkungan hidupnya.

0 Comments

Posting Komentar