Macam-Macam Mesin Jahit Menurut Kegunaan dan Alat Penggeraknya



Mesin jahit adalah alat pokok yang diperlukan dalam keterampilan menjahit. Bentuk mesin jahit dapat berupa mesin duduk, standar atau kabine, sedangkan untuk menggerakannya dapat diputar dengan tangan, injakan kaki atau tenaga listrik (dinamo).

Macam-Macam Mesin Jahit


Mesin jahit menurut kegunaannya

Macam-macam mesin jahit menurut kegunaannya sebagai berikut :
Mesin jahit umum (mesin jahit lurus) adalah mesin jahit biasa yang hanya dapat membuat satu jenis tusukan jahitan, yaitu tusuk lurus.

a. Mesin jahit khusus (mesin jahit zig-zag, obras, dan lain-lain) adalah mesin jahit yang hanya dapat digunakan untuk suatu pekerjaan menjahit tertentu.

b. Mesin jahit serbaguna adalah mesin jahit umum yang telah dilengkapi berbagai alat sehingga dapat digunakan untuk mengerjakan berbagai jenis pekerjaan. Mesin jahit serbaguna ini selain dapat untuk menjahit tusuk lurus, dapat juga untuk membuat tusuk hias lainnya, misalnya, untuk obras, membuat lubang kancing, menjahit kerah, menjahit kelim, dan membuat wol rol som.

Mesin jahit menurut alat penggeraknya

Macam-macam mesin jahit menurut alat penggeraknya sebagai berikut :

Mesin Jahit Tangan

Mesin jahit tangan biasa disebut model portable yang terletak ada kotak, sehingga dapat diletakkan diatas meja. Sewaktu-waktu dapat terangkat atau dipindahkan tempatnya. Mesin jahit tangan ini disebut juga mesin jahit duduk. Cara menjalankan mesin jahit ini dengan tangan, dengan memutarkan engkol. Cepat atau lambatnya putaran tergantung dari kecepatan tangan waktu memutarkan engkol tersebut.

Mesin Jahit Kaki

Mesin jahit kaki adalah mesin jahit yang digerakkan oleh kaki dengan cara menekankan kaku pada troper (injakan yang dihubungkan dengan tali roda pada mesin dan roda pada bagian kaki. Mesin ini juga dapat digerakkan dengan tenaga listrik dengan memasang dinamo.

Mesin Jahit Listrik

Mesin jahit listrik adalah mesin jahit yang digunakan dengan menggunakan tenaga listrik (motor listrik). Mesin jahit ini hasilnya lebih produktif. Sering digunakan pada konveksi.

Macam-macam merk mesin jahit antara lain :

- Singer
- Butterfly
- Linda
- Paff
- Tipical
- Brother
- Philip
- Yamome
- Ricard
- Tiger
- Flyingman
- Standar
- Madona

Itulah penjelasan tentang macam-macam mesin jahit menurut kegunaan dan alat penggeraknya. Semoga bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.

0 Comments

Posting Komentar