Cara Budidaya Itik Alabio Bagi Pemula dengan Hasil Maksimal


Itik alabio merupakan jenis itik yang biasa hidup di daerah rawa-rawa. Oleh karena itu, jenis itik ini biasa disebut dengan itik rawa yang merupakan kelompok itik petelur.

Bagi anda yang ingin beternak jenis itik ini, di bawah ini beberapa cara budidaya itik alabio bagi pemula untuk memperoleh hasil maksimal.

Cara Budidaya Itik Alabio Bagi Pemula dengan Hasil Maksimal

Berikut ini cara budidaya itik alabio bagi pemula:

Pemilihan Lokasi Ternak

Dalam pemilihan lokasi, diusahakan luas serta letaknya jauh dari pemukiman penduduk, mudah dijangkau oleh alat transportasi, serta kondisi lingkungan yang cukup kondusif bagi produktivitas ternak.

Pembuatan Kandang Ternak

Dalam mempersiapkan kandang, jangan lupa untuk mempersiapkan pula tempat bertelur yang terbuat dari kayu dengan bentuk kotak yang diisi dengan sekam padi.

Persiapkan Bibit Alabio

Persiapkan bibit alabio unggul. Antara itik alabio jantan dengan betina memiliki perbandingan 1 jantan : 10 betina.

Penyediaan Pakan

Pemberian pakan dibawah umur 6 bulan dengan menggunakan voer. Setelah umur 6 bulan lebih, pakan diganti dengan menggunakan campuran dedak dan sagu yang dapat diberikan 3 kali sehari.

Usia produktif itik alabio sekitar 3 tahun. Setelah umur 6 bulan, itik akan mulai bertelur. Itik alabio yang sudah tidak produktif dapat diberi pakan dengan intensitas yang tinggi agar menjadi gemuk dan akhirnya dapat dijual.

0 Comments

Posting Komentar