Cara Ternak Maggot BSF untuk Pakan Ayam Alternatif


Saat ini budidaya dan cara ternak maggot bisa menghasilkan keuntungan di ranah peternakan dan juga pasar luas.

Seperti yang kita tahu, pakan ternak menjadi salah satu komponen paling penting di ranah peternakan. Salah satunya dengan memberikan pakan ternak alternatif berupa maggot.

Cara Ternak Maggot BSF

Maggot BSF merupakan larva jenis lalat besar yang berwarna hitam dan tampak seperti tawon. Fungsinya adalah sebagai alternatif pakan ternak seperti ayam dan hewan ternak lain yang penuh nutrisi.

Ternak maggot BSF bisa dibudidayakan dimanapun dengan skala sesuai dengan kemampuan peternak. Dimana dengan mempersiapkan kandang. Kemudian mempersiapkan media penetasan telur yang terbuat dari box kardus kecil atau dari triplek.

Jika telur sudah menetas, larvanya langsung dipindahkan ke biopond untuk media pembesarannya. Biopond merupakan tempat pembesaran larva BSF yang dirangkai dari PVC kayu dan dipenuhi dengan tanah gembur.

Dilanjutkan dengan tahap pengembangbiakan maggot BSF dengan menarik lalat BSF. Kemudian setelah dua hingga tiga hari, lalat BSF akan datang dan bertelur di sekitar media penetasan.

Cara ternak maggot BSF bisa dilakukan dengan menaburkan dedak fermentasi di sekitar media penetasan telur atau ember seminggu sekali.

Itulah penjelasan singkat tentang Cara Ternak Maggot BSF untuk Pakan Ayam Alternatif. Semoga bisa bermanfaat.

0 Comments

Posting Komentar