Dampak Positif dan Negatif Pembelajaran Jarak Jauh



Assalamu'alaikum... Halo sobat Penaseo... Apa kabarnya? Semoga sehat selalu ya. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tentang apa yang sedang para siswa sekarang lakukan yaitu pembelajaran dari rumah dan hanya melalui media sosial seperti contohnya via zoom, whatsapp, bahkan video call.

Nah.. apakan sebenarnya pembelajaran jarak jauh ini ada dampaknya atau tidak sebenarnya. Pastinya ada dong dampak negatif dan dampak positifnya. Nah kali ini disini saya akan berbagi tentang dampak-dampak adanya pembelajaran jarak jauh ini.

Apabila ada kekurangan saya mohon maaf karena saya juga masih belajar dan belum mahir dalam menulis. Yuk simak dampak-dampaknya dibawah ini.

Dampak positif pembelajaran jarak jauh

1. Siswa dapat lebih fokus

Nah pastinya kalo belajar disekolah kan otomatis cape, ngantuk, laper, dan alasan-alasan yang lainnya. Nah dengan adanya pembelajaran jarak jauh ini siswa dapat menyimak pelajaran dari rumah jadi gak ada alasan lagi buat ngantuk, soalnya yah pengalaman pribadi saya selama saya sekolah itu adalah mengalami ngantuk saat pelajaran dimulai dan pada akhirnya tertidur didalam kelas.

2. Siswa bisa lebih rileks

Nah disini siswa akan merasakan ketenangan yang lebih rileks karena sistem pembelajaran jarak jauh ini bisa dilakukan dimanapun kamu berada, seperti contohnya mungkin dikamar sambil rebahan jadi lebih rileks yah kan.

3. Ada semangat yang tinggi untuk belajar

Nah pasti siswanya jadi lebih semangat belajar kan karena belajarnya melalui HP. Setiap anak kan pastinya seneng main hp. jadi akan lebih semangat pastinya.

Nah itu tadi yah dampak positif dari pembelajaran jarak jauh. Selain dampak positif pastinya ada dampak negatifnya juga yah kan. Nieh yah aku kasih tau yah, simak terus artikelnya sampai selesai ya...

Dampak negatif pembelajaran jarak jauh

1. Mata jadi lelah bahkan rusak

Nah untuk pembelajaran jarak jauh ini kan siswa harus berhadapan dengan laptop atau smartphone. Pastinya mata kita akan rusak karena temperatur dari cahaya hp sendiri langsung menuju ke mata kita dan terkadang kita lupa untuk menjaga jarak mata dengan smartphone atau laptop/komputer kita.

2. Siswa jadi jarang berfikir

Dengan adanya pembelajaran jarak jauh ini siswa menjadi jarang berfikir karena mereka sudah mengendalikan smartphone meraka dan apabila ada tugas-tugas dan ada ulangan mereka bisa mencari jawabannya di internet, jadi otak mereka tidak pernah dilatih untuk berfikir keras.

Mungkin itu saja yang dapat saya bagikan kepada kalian para pembaca setia blog ini, semoga dapat membantu para pembaca dimasa lokdownd sekarang ini. Yah soalnya pengalaman pribadi dari saya yah selama pembelajaran jarak jauh saya memang sangat dipersulit jujur saja karena faktor sinyal dirumah saya. Nah terimakasih untuk para pembaca setiaku. Sekian dan Wassalamu'alaikum...

Penulis : Feriyah
Asal : Banyumas, Jawa Tengah
Whatsapp : +62 877-7239-8295

0 Comments

Posting Komentar