Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan dan Kecantikan


Salah satu buah yang paling diminati di Indonesia adalah buah alpukat. Meskipun belum begitu banyak beredar di masyarakat, akantetapi ada banyak yang mencari dan menyukai buah alpukat ini.

Buah alpukat juga memiliki manfaat yang cukup banyak, baik untuk Kesehatan dan nutrisi tubuh, buah alpukat juga bermanfaat untuk kecantikan.

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan beberapa manfaat buah alpukat bagi Kesehatan dan kecantikan tubuh.

Alpukat juga memiliki berbagai macam varietas yang memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah varietas buah alpukat mentega.

Alpukat jenis ini memiliki daging seperti mentega. Buahnya tebal berwarna seperti mentega dan tanpa serat, oleh karena itu alpukat jenis ini banyak disukai.

Manfaat Alpukat Bagi Kesehatan

Dibawah ini adalah beberapa manfaat dari buah alpukat. Silahkan anda simak dengan baik agar anda tau bahwa alpukat sebenarnya memiliki segudang manfaat.

1. Mencegah Penyakit Jantung

Buah alpukat memiliki nutrisi yang baik untuk jantung. Kadar lemak baik yang terkandung didalam buah alpukat sangatlah baik bagi Kesehatan jantung. Jika buah alpukat dikonsumsi secara rutin, maka ini sangat baik bagi Kesehatan jantung kita.

2. Mencegah Resiko Kanker

Alpukat ternyata juga dapat mengurangi resiko kanker loh.. sobat. Kita semua tau bahwa salah satu penyakit yang berbahaya adalah penyakit kanker. Jadi kita harus waspada terhadap penyakit yang satu ini.

Buah alpukat memiliki senyawa antioksidan yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas yang dapat merusak sel-sel yang bisa mengakibatkan kanker. Dengan mengkonsumsi buah alpukat secara rutin, maka dapat mengurangi resiko kanker.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Menurut beberapa penelitian, buah alpukat mentega ternyata memiliki kandungan senyawa yang dapat menjaga Kesehatan mata. Senyawa tersebut bernama lutein. Senyawa ini juga dapat mengurangi resiko katarak mata dan age macular degeneration.

Dengan mengkonsumsi buah alpukat secara rutin maka dapat menjaga kesehatan mata dan mengurangi resiko penyakit mata.

4. Mencegah Depresi

Alpukat memiliki kandungan magnesium yang bisa membantu menjaga Kesehatan mental seseorang. Depresi memang salah satu penyakit yang sulit diatasi hanya dengan sebuah obat. Akantetapi dengan mengkonsumsi buah alpukat secara rutin yang kaya akan magnesium dapat membantu mencegah resiko stress tinggi bahkan depresi.

Jika kadar magnesium dalam tubuh sedikit, maka tingkat kecemasan pada diri seseorang cukup tinggi. Biasanya ditandai dengan susah tidur dan mudah stress yang dapat berujung depresi. Buah alpukat juga memiliki nutrisi lain yang baik untuk mengurangi stress dan perasaan cemas yang berlebihan.

5. Melancarkan Pencernaan

Buah alpukat kaya akan serat alami yang baik bagi tubuh dan bisa melancarkan pencernaan. Tekstur buah alpukat juga lembut yang dapat melindungi permukaan lambung dari berbagai macam makanan yang bisa saja meningkatkan asam lambung.

6. Mencegah Resiko Diabetes

Penyakit diabetes merupakan salah satu penyakit yang ditakuti masyarakat. Diabetes juga sering menjadi pemicu munculnya penyakit lain pada tubuh. Akantetapi jika seseorang mengkonsumsi buah alpukat secara rutin maka bisa mengurangi resiko penyakit diabetes ini.

Pada buah alpukat mengandung asam oleat yang bisa membantu mencegah DM. Kandungan lemak baik atau lemak tak jenuh yang terdapat pada buah alpukat juga dapat berfungsi mengurangi trigislidra dan dapat mengontrol gula darah agar tetap terjaga dengan baik.

7. Mengatasi Bau Nafas Tak Sedap

Bau nafas tak sedap bisa menjadikan seseorang tidak percaya diri Ketika berbicara. Bau nafas yang tak sedap ini sangat mengganggu seseorang Ketika berinteraksi dengan orang lain.

Untuk mencegah hal itu terjadi, ada baiknya jika anda mengkonsumsi buah alpukat secara rutin karena buah alpukat bisa membantu membersihkan usus.

8. Mencegah Peradangan Sendi

Penyakit peradangan sendi merupakan salah satu penyakit yang cukup banyak penderitanya. Akantetapi jika kita sering mengkonsumsi alpukat, maka manfaat buah alpukat ini untuk mencegah peradangan sendi dapat dirasakan. Karena buah alpukat memiliki zat anti inflamasi atau biasa disebut pitosterol. Kandungan ini yang dapat bekerja untuk mengurangi peradangan sendi.

9. Menguatkan Tulang

Dengan mengkonsumsi alpukat secara rutin maka bisa menguatkan tulang kita. Sebab Buah alpukat mengandung lutein dan zeaxanthin. Lutein dan zeaxanthin bisa membantu mengurangi resiko gejala osteoarthritis.

Buah alpukat juga memiliki berbagai macam mineral seperti kalsium, zinc, tembaga, fosfor, dan selenium. Semua kandungan mineral tersebut sangat baik untuk tulang dan dapat mengurangi resiko pengapuran tulang karena mineral-mineral yang terkandung pada buah alpukat bisa menguatkan tulang.

10. Menurunkan Kadar Kolesterol

Memang tubuh manusia mengandung kolesterol. Yang membedakan adalah kolesterol baik dan jahat. LDL atau kolesterol jahat inilah yang sebisa mungkin diminimalisir keberadaannya.

Buah alpukat memiliki berbagai macam senyawa yang salah satunya adalah senyawa beta-sitosterol yang sudah terbukti bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan dapat meningkatkan kolesterol baik.

Manfaat Buah Alpukat Bagi Kecantikan

Beberapa penjelasan yang kami berikan tentang manfaat buah alpukat secara umum bagi Kesehatan. Sekarang kita akan membahas manfaat buah alpukat bagi kecantikan. Dengan alpukat ini kita bisa merasakan 5 manfaat yang bisa kita dapatkan. Berikut ini adalah rentetan penjelasannya.

1. Membantu Melembabkan Kulit

Tidak disangka ternyata alpukat juga dapat digunakan untuk melembabkan kulit. Anda bisa menggunakan alpukat sebagai masker untuk melembabkan kulit anda. Sebab alpukat memiliki berbagai macam kandungan mineral yang baik dan dapat membantu melembabkan kulit anda serta memberikan nutrisi kepada kulit. Kulit pun akan menjadi lebih sehat dan kinclong setelah menggunakan masker dari alpukat tersebut.

2. Menjaga Kesehatan Kulit

Tak hanya untuk konsumsi secara langsung, buah alpukat juga bisa digunakan untuk merawat dan menjaga Kesehatan kulit kita. Dengan memanfaatkan alpukat sebagai masker alami, maka kulit kita bisa terpelihara dengan baik. Pada alpukat mengandung banyak vitamin seperti vitamin E, K, zinc, dan lain-lain yang dapat digunakan sebagai nutrisi untuk Kesehatan kulit.

3. Mencegah Penuaan Dini

Buah alpukat juga memiliki kandungan kolagen yang sangat baik jika dimanfaatkan untuk merawat kulit wajah. Dengan rutin menggunakan masker alpukat, maka bisa menunda penuaan dini pada kulit. Dengan adanya kandungan kolagen pada buah alpukat, maka dengan menggunakannya sebagai masker dapat meremajakan dan mengencangkan kulit wajah.

4. Mengurangi Kerutan di Kelopak Mata

Kegantengan dan kecantikan seseorang bisa terlihat dari sorotan matanya. Hehehe jadi tidak heran jika seseorang seringkali bartatap-tatapan. Maka dari itu banyak yang sering juga mengeluhkan kelopak mata yang berkerut.

Tapi tenang saja, buah alpukat juga bisa kita manfaatkan untuk menghadapi persoalan seperti ini. Buah alpukat memiliki kandungan hydratingfats, vitamin E, dan fatty acids dalam alpukat yang bisa membantu mengencangkan kelopak mata anda.

5. Perawatan Kulit Kepala

Nutrisi pada buah alpukat juga baik untuk merangsang pertumbuhan rambut dan baik untuk kulit kepala. Asam lemak omega 3 pada alpukat dapat memberikan efek pada rambut sehingga terlihat berkilau dan lembut. Oleh sebab itu buah alpukat juga bisa dimanfaatkan untuk masker rambut agar dapat menjaga Kesehatan kulit dan rambut sekaligus.

Itulah sederet manfaat dari buah alpukat. Sebenarnya masih banyak sekali manfaat lainnya yang jika diolah dengan baik dan benar bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan.

Jika masih ada tambahan dari teman-teman untuk artikel kali ini, silahkan berkomentar dikolom komentar supaya artikel ini bisa semakin lengkap dan bermanfaat bagi pembacanya. Terimakasih telah berkunjung, jangan lupa untuk baca artikel dari saya selanjutnya.

0 Comments

Posting Komentar